Wednesday, May 30, 2012

Social Networking in Plain English



Apa itu social networks ? Banyak definisi yang menjelaskan pertanyaan tersebut. Kali ini saya akan sedikit share tentang salah satu definisi dan penjelasan singkat tentang social networks analysis yang dibuat oleh commoncraft.com.

Secara singkat dijelaskan definisi networks (jaringan) yaitu tahapan bagaimana kita mencapai satu titik ke titik lainnya. Contoh yang digunakan dalam video ini ialah ketika kita akan menuju kota Santa Fe dari kota Chicago maka yang kita harus melalui kota St. Louis dan Dallas. Hal yang sama terjadi ketika kita berkenalan dengan seseorang dimana seringkali kita menggunakan orang lain untuk mencapai orang yang kita tuju. Tahapan antara kita dengan orang yang ingin kita tuju itulah yang disebut social networks.

Permasalahannya ialah social networks dalam kenyataannya seringkali tidak terlihat. Kita hanya melihat seseorang yang kita kenal dan tidak bisa memanfaatkan jaringan dari kenalan kita. Kita seringkali tidak bisa memanfaaatkan social networks. Padahal ada kemungkinan dengan memaksimalkan social networks, kita bisa mendapatkan pekerjaan, kesempatan, bahkan pasangan :).

Yang menarik ialah bahwa orang yang kita kenal sama pentingnya dengan kemampuan kita melihat jaringan dari orang yang kita kenal tersebut. Bagaimana aplikasinya dalam dunia maya ? Video ini menjelaskan bagaimana social network cites membantu kita mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang jaringan kita dan jaringan orang yang kita kenal.    


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...