Binatang apa itu Knowledge Management (KM) ? Anda tidak perlu malu jika menanyakan hal tersebut karena saya juga bertanya hal yang sama beberapa tahun yang lalu :). Secara singkat knowledge management (pengelolaan pengetahuan) ialah seluruh kegiatan yang menciptakan nilai tambah (value) dengan cara mengalirkan pengetahuan. Ok, mengalirkan pengetahuan ? nilai tambah ? Saya tahu anda bertanya, spesies apa lagi itu ? Tenang, kita akan jawab satu persatu di blog ini.
Knowledge Management yang akan dibahas di blog ini berfokus pada aspek paling penting dalam segala aktivitas, yaitu manusia. Secara singkat akan ada penjelasan mengenai Knowledge Management, bagaimana menjalankan Knowledge Management, apa yang harus diperhatikan dalam Knowledge Management, mengapa kita butuh Knowledge Management, apa itu knowledge worker, apa itu community of practice dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.
Bagi anda yang sudah cukup mengenal KM maka anda dapat melewatkan beberapa tulisan awal dan lanjut ke tulisan aplikatif lainnya. Jika anda merasa artikel di blog ini kurang "rumit" maka silahkan membaca beberapa bahan tentang Knowledge Management di KM Online Library. Berikut beberapa artikel terkait Knowledge Management :
- Antara Teori dan Praktek
- Pengetahuan, Informasi dan Data
- Knowledge Management : Sebuah Sharing
- Knowledge Management dan Intangible Asset
- Knowledge Management dan Strategi Bisnis
- Kapan kita butuh Knowledge Management
- Knowledge Sharing: Meningkatkan kinerja dengan mengetahui apa yang kita tahu
- Perusahaan dan Kemampuan Belajar
- Knowledge Management: Aplikasi dalam Proses Pembelajaran Perusahaan
- Branding Knowledge Management : Bagaimana kita menjual Knowledge Management
- Branding Knowledge Management Part 2: Mengenalkan KM pada seluruh organisasi
- Lebih dalam dengan SECI: Starbucks dan VIA
- Kolaborasi : Nilai Tambah dan Pengaruhnya pada Bisnis
- Meningkatkan Bisnis melalui Kolaborasi dan Komunitas
- Ngobrol tentang Community of Practice Part I
- Ngobrol tentang Community of Practice Part II : Memulai dan Merawat CoP
- Merawat CoP Part I: Conduct Core Planning (Perencanaan Inti)
- Merawat CoP Part II: The Man Behind The Curtain
- Merawat CoP Part III: CoP Life Cycle
- Memilih KM Agents: Belajar dari Tipping Point Phenomena
- Menyusun Progress Checklist CoP
- Kesetaraan dalam Komunitas
- Imbalan uang dalam Inisiatif KM: Baik atau Buruk?
- Organisasi KM: Bintang Laut atau Laba-Laba?
- Knowledge Retention dan Knowledge Strategy
- Value Proposition: Menyusun Fokus Inisiatif KM
- Ingin KM Anda Sukses? Fokus pada Motivasi
- Hambatan dalam KM: Mengapa kita tidak mau terlibat?
- Penghargaan dan Pengakuan: Aplikasi dalam Inisiatif KM